Friday, 7 October 2016

Penyebab Harddisk Rusak dan Cara Merawatnya

Sebelum blog Bohjak - Memposting artikel yang berkaitan dengan artikel kali ini yaitu Penyebab Harddisk Rusak dan Cara Merawat Hardisk. Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peranan penting dalam komponen komputer. Tanpa adanya harddisk maka tidak ada data yang dapat disimpan secara permanen. Dalam dunia komputer, sekarang harddisk dapat digunakan secara internal maupun eksternal.



Seringkali pengguna menemukan masalah satu ini, ya! Betul. Harddisk mengalami masalah tidak terbaca. Sehingga komputer tidak akan mampu membaca sistem operasi Windows ataupun Linux. Bahkan komputer akan bekerja lambat saat proses membaca dan menulis data.
Baiklah, langsung saja kita bahas tentang bagaimana mengetahui penyebab harddisk tidak terbaca pada pc komputer, langsung saja.

Bad Sector
Ini adalah salah satu penyebab sering ditemukan mengapa harddisk komputer tidak terbaca. Bad Sector pada harddisk akan menyebabkan komputer gagal beroperasi, User (pengguna) akan kehilangan data penting dan sebagainya.
Penyebab dari Bad Sector sangatlah bermacam-macam, mulai dari mematikan komputer secara paksa atau tidak menggunakan fitur Shut Down. Ini menyebabkan arus tiba-tiba mati, sehingga yang tadinya harddisk telah bekerja seketika mati dan kehilangan daya. Kondisi seperti ini tentu dapat mengakibatkan adanya inkonsistensi data atau data corrupt (rusak) dan menyebabkan Bad Sector.

Kerusakan Fisik
Pada opsi kedua yang menyebabkan harddisk tidak terbaca terdapat kerusakan fisik pada harddisk. Kasus ini juga sering kita temui pada harddisk yang berusia cukup tua atau harddisk mengalami crash seperti benturan. Arus yang tidak stabil juga dapat mengakibatkan kerusakan mekanik pada harddisk.

Crash File
Crash File ini sering terjadi khususnya jika anda sering melakukan proses multitasking pada saat waktu yang bersamaan, misalnya pengguna menjalankan dua atau lebih Antivirus, pengguna juga menjalankan aplikasi berat seperti Mozilla Firefox, Dreamweaver, Photoshop dan Google Chrome sehingga mengakibatkan beberapa file mengalami crash dan harddisk tidak bisa bekerja normal membuat PC terkadang merestart secara tiba-tiba.

Kesalahan Pengaturan BIOS
Adanya pengaturan BIOS (Basic Input Output System) yang salah juga bisa menjadi penyebab harddisk tidak terbaca pada saat proses booting. Seperti kita ketahui BIOS merupakan program yang mengatur dan mengontrol semua perangkat keras (Hardware) pada saat komputer pertama kali dihidupkan.
Jadi jika pengaturan harddisk pada program BIOS salah, biasanya akan membuat harddisk tidak terbaca pada saat komputer pertama kali dihidupkan.

Kabel SATA Harddisk Bermasalah
Saat anda mengalami masalah harddisk tidak terbaca. Pertama-tama periksalah kabel SATA / Serial ATA pada harddisk. Karena seringkali kabel harddisk sering membuat komputer tidak dapat masuk ke dalam sistem Windows atau Linux, mungkin sebagian dari anda akan beranggapan bahwa harddisk mengalami masalah, namun sebenarnya hanya kabelnya yang bermasalah.
Sebenarnya masalah ini terjadi kepada orang awam yang baru saja belajar komputer atau orang yang sedang buru-buru dalam pesanan komputer rakitan. Itulah mengapa kita harus pandai-pandai dalam merawat setiap komputer yang kita miliki. Bisa dibayangkan bukan! Apa yang akan terjadi jika kabel SATA ini tidak terhubung pada harddisk, bisa jadi pembeli akan meminta komputer baru.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara mengetahui penyebab harddisk tidak terbaca. Jangan lupa ya sahabat teknologi share artikel ini agar orang-orang lebih mengetahui tentang teknologi, dan tidak lupa beri komentar jika artikel ini kurang bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Teuku Saiful

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak